A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/lsphp/session/lsphp80/ci_session1ta9vd377os6t40q4up14ggrq1m1hhvb): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/jatimtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/jatimtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/lib/lsphp/session/lsphp80)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/jatimtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/jatimtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung Berstandar Internasional, Tempat Pengujian Proyek Vital - Gresik Times
Jatim Times Network Logo
Pemerintahan

Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung Berstandar Internasional, Tempat Pengujian Proyek Vital

03 - Feb - 2023, 12:23

Melihat dari dekat Laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung Times
Melihat dari dekat Laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung Times

JATIMTIMES - Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung dinyatakan sebagai Laboratorium Pengujian berstandar nasional. Akreditasi ini diperoleh sejak tahun 2022 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN),  yaitu SNI ISO/IEC 17025: 2017 tentang Sistem Manajemen Mutu Laboratorium sebagai Laboratorium Pengujian dengan nomor akreditasi LP-1645-IDN.

"Dapat dikatakan Laboratorium Dinas PUPR sudah berstandart internasional," kata Kepala Dinas PUPR, Dwi Hari Subagyo, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga : Sehari Naik Rp 13 Ribu, Emas Antam Hari Ini Anjlok Rp 13 Ribu

Lanjutnya, parameter pengujian yang terakreditasi meliputi 14 parameter uji beton dan uji aspal. Di Jawa Timur, Laboratorium Dinas yang terakreditasi SNI  ISO/IEC 17025: 2017 masih ada 2, yaitu Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung dan Laboratorium Dinas PU Provinsi Jatim.

"Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung telah memenuhi persyaratan umum, persyaratan struktur, persyaratan sumber daya, persyaratan proses dan persyaratan sistem manajeman sesuai yang disyaratkan," ujarnya.

Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung memberikan jaminan mutu terhadap hasil pengujian. Setiap parameter pengujian menurut Dwi, telah dilakukan uji banding antar laboratorium ke laboratorium lain yang sudah terakreditasi. 

"Juga ikut uji profisiensi yang dilakukan oleh Balitbang Bandung, di samping terus meningkatkan SDM melalui pelatihan," imbuhnya.

Di samping itu, peralatan uji yang digunakan adalah peralatan uji yang sudah terkalibrasi oleh lembaga kalibrasi yang sudah terakreditasi pula.

"Setiap paramater pengujian telah mempunyai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas dan diterapkan secara konsisten. Dalam proses pengujiannya mengacu pada standart, baik SNI maupun standar internasional. Jadi, Laboraorium Dinas PUPR Tulungagung tidak main-main dalam melakukan pengujian, karena persyaratan umum utama adalah ketidakberpihakan yang tidak ada benturan kepentingan dari pihak manapun, baik pihak internal maupun eksternal," ungkapnya. 

Selain itu, pengujian yang dilakukan menurut Kadin PUPR Tulungagung ini, telah sesuai sampel uji yang dikirim.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Hari Ini di Jatim Menurut BMKG Juanda

"Tidak ada sampel uji dan pengujian yang direkayasa, baik tanggal  pengujian maupun hasil pengujian," terangnya.

Atas stadarisasi ISO ini, Laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung semakin dipercaya oleh para pelanggan. Selain dari para penyedia jasa/kontraktor yang mengerjakan kegiatan konstruksi di Tulungagung, juga banyak pelanggan dari Blitar dan Kediri dan juga dari para produsen bahan bangunan. 

"Kegiatan pembangunan Bandara Kediri selama ini pengujiannya dilakukan di Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung, termasuk dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," paparnya.

Tak puas dengan ini, sebagai pengembangan parameter pengujian yang terakreditasi, pada tahun 2023 ini Laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung akan menambah parameter yang bisa terakreditasi berkaitan dengan uji beton, aspal dan tanah. 

"Laboratorium Dinas PUPR Tulungagung akan terus dikembangkan," tutupnya.


Topik

Pemerintahan


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Gresik Times News melalui Tombol Berikut :