4 Gejala dan Penyebab Hernia, Penyakit yang Diderita Anak Lesty Kejora dan Rizky Billar | Gresik TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

4 Gejala dan Penyebab Hernia, Penyakit yang Diderita Anak Lesty Kejora dan Rizky Billar

Sep 22, 2022 07:45
Putra Rizky Billar dan Lesty Kejora terkena Hernia dan harus menjalani operasi, yuk kenali gejala dan penyebab terjadinya Hernia pada anak (foto hasil screenshot Instagram @rizkybillar)
Putra Rizky Billar dan Lesty Kejora terkena Hernia dan harus menjalani operasi, yuk kenali gejala dan penyebab terjadinya Hernia pada anak (foto hasil screenshot Instagram @rizkybillar)

JATIMTIMES - Muhammad Leslar Alfatih Billar, putra dari pasangan Rizky Billar dan Lesty Kejora yang harus menjalani operasi hernia di usianya yang masih belia. Kabar tersebut dibagikan langsung oleh Rizky Billar melalui akun Instagram pribadinya @rizkybillar beberapa waktu lalu.

Diketahui saat ini putra semata wayang Lesty tersebut telah usai menjalani operasi dan keadaannya sudah membaik. Kabar baik itu dibagikan langsung oleh suami dari Lesty yaitu Rizky Billar.

Baca Juga : Reaksi Mengejutkan Bangsa Jin ketika Pertama Mendengar Bacaan Al-Qur'an

Mayoritas Hernia pada anak-anak jenis ingualis hernia yang berada di bagian bawah perut dan dekat selangkangan.

Hernia

Lantas apa saja gejala Hernia yang diidap oleh Putra Rizky Billar tersebut? Berikut penjelasannya. Pertama, muncul benjolan di dekat paha, bayi menangis terus menerus tanpa sebab, muncul benjolan saat anak berdiri atau mengejan, dan rasa sakit dan nyeri ketika ditekan.

Hernia ini cukup umum terjadi pada anak-anak. Terutama bayi prematur, mereka juga bisa lahir dengan hernia. Lantas apa saja penyebab umum anak terkena Hernia? Menurut dr. Robert dan dilansir dari beberapa sumber ada 3 penyebab anak bisa terkena hernia, diantaranya :

1. Bawaan Lahir

Selama kehamilan, semua bayi di dalam kandungan memiliki area dari perut ke alat kelamin yang disebut saluran inguinalis. Pada anak lelaki, saluran ini memungkinkan testis bergerak dari perut ke skrotum.

Biasanya, saluran inguinalis tersebut menutup sesaat sebelum atau setelah bayi lahir. Penyebab hernia pada anak, ini terjadi ketika satu lekukan usus menyelinap ke dalam saluran, melalui otot yang lemah di dinding perut.

2. Gangguan Pembentukan Organ

Pada hernia umbilikalis pada bayi, proses terjadinya juga berkaitan dengan pembentukan organ saat dalam kandungan. Saat masih berada di dalam kandungan, janin memiliki lubang kecil di otot perut. Setelah lahir, lubang bukaan ini tertutup. Namun, terkadang otot tersebut tidak menutup sepenuhnya pada sebagian bayi.

Baca Juga : Didemo Warga karena Dugaan Perselingkuhan, Modin Karanganom Dipecat

3. Bayi Prematur

Beberapa bayi terlahir dengan lubang kecil di dalam tubuh yang akan menutup suatu saat ketika beranjak dewasa. Jaringan di sekitarnya dapat masuk ke lubang seperti itu dan menjadi hernia.

Dalam kasus lain, ketegangan atau cedera membuat titik lemah di dinding otot. Akibatnya, hernia pada anak terbentuk. Risiko kesehatan yang bisa terjadi akibat hernia pada anak adalah mengalami berbagai gejala, ini meliputi mual dan muntah, anak rewel, perut membesar dan terlihat penuh, sakit perut hebat, kulit di sekitar hernia merah, dan demam.

Hernia adalah suatu tonjolan dari suatu organ atau jaringan melalui bukaan abnormal. Hernia biasanya melibatkan perut atau usus. Hernia sendiri lebih sering dialami oleh anak laki-laki dibandingkan anak perempuan. Dengan demikian, selalu periksa kondisi kesehatan fisik anak di rumah dengan rutin ya bunda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
rizky billar lesty kejora

Berita Lainnya