5 Hal Atasi Insomnia ala Dokter  Zaidul Akbar, Jam Tidur Sehat Bakal Normal Lagi | Gresik TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

5 Hal Atasi Insomnia ala Dokter Zaidul Akbar, Jam Tidur Sehat Bakal Normal Lagi

Jul 24, 2022 08:27
Insomnia (Foto: pro-net21.org)
Insomnia (Foto: pro-net21.org)

JATIMTIMES - Kesehatan tidak cuma tergantung dari pola makan yang baik. Namun kesehatan juga harus diimbangi dengan pola tidur yang normal.

Namun diketahui, beberapa orang mungkin mengalami susah tidur atau insomnia. Ya, insomnia merupakan mussuh utama pola tidur sehat. 

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Batu: Total 9 Pasien, Tertinggi Kasus Hari Ini

Namun tak perlu khawatir. Masalah insomnia ini bisa diatasi dengan 5 hal yang disampaikan oleh pakar herbal dr Zaidul Akbar. Lantas lima hal apa yang bisa memberantas insomnia menurut  Zaidul Akbar? 

Bahkan, Zaidul Akbar menyebut bahwa 5 hal ini bisa berdampak lebih jauh ke masalah kesehatan serius.

Sebagaimana dikutip dari Instagram @Instagram @zaidulakbar, Minggu (24/7/2022) berikut adalah lima kebiasaan penyebab susah tidur yang dimaksud:

1. Kurang Gerak

Orang yang kurang gerak punya hubungan dengan kesulitan tidur pada malam hari. Oleh sebab itu, diimbau untuk selalu bergerak agar saat malam hari, tubuh sudah cukup siap untuk beristirahat.

2. Kurang Asupan yang Bagus bagi Tubuh

"Tubuh sangat memerlukan nutrisi dalam jumlah yang banyak. Tujuannya satu, untuk jaga keseimbangan di dalam tubuh biar nggak gampang sakit," ujar Zaidul Akbar.

3. Terlalu Banyak Cahaya Artifisial

Zaidul Akbar juga mengimbau agar mengurangi cahaya gawai, monitor, dan TV. Selain sulit membuat kita tertidur malam hari, hal ini juga tidak sehat untuk mata.

4. Sering Konsumsi Kafein

Baca Juga : Polres Blitar Kota Tangkap Pelaku Tabrak Lari, Korban Tewas Usai Dilindas Pick Up

Sudah umum diketahui bahwa kafein adalah salah satu musuh tidur paling besar. Konsumsi kafein berlebih menjadi biang kerok mengapa kita mengidap insomnia. 

Oleh karena itu, kurang-kurangilah konsumsi kafein mulai dari sekarang sebelum tidur agar kesejahteraan mental kita tetap terjaga.

5. Stres

Stres juga termasuk salah satu faktor yang tidak kalah penting. Sebisa-bisanya kita harus menghindari hal-hal yang menyebabkan stres. Sebab, bukan hanya menyebabkan insomnia. Depresi atau stress bisa menyebabkan kanker hati suatu hari nanti.

"Di tengah kesibukan sehari-hari, ada saja yang dapat membuat kebanyak anak muda stres, bahkan depresi. Saran saya, jangan baca apa yang nggak perlu dibaca. Jangan lihat apa yang nggak perlu dilihat. Jangan berbicara apa yang tidak perlu dibicarakan. Tiga hal ini bisa mengurangi stres," saran  Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Mengatasi insomnia insomnia

Berita Lainnya