PN Gresik Luncurkan Anjungan Mandiri PTSP, Permudah Layanan Peradilan | Gresik TIMES

PN Gresik Luncurkan Anjungan Mandiri PTSP, Permudah Layanan Peradilan

Sep 13, 2021 13:53
Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Herri Swantoro bersama Wabup Gresik, Bu Min dan Ketua PN Gresik Wiwin Arodawanti melakukan simulasi pelayanan di ruang Anjungan, Senin (13/9/2021). (Foto: Syaifuddin Anam/ GresikTimes).
Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Herri Swantoro bersama Wabup Gresik, Bu Min dan Ketua PN Gresik Wiwin Arodawanti melakukan simulasi pelayanan di ruang Anjungan, Senin (13/9/2021). (Foto: Syaifuddin Anam/ GresikTimes).

JATIMTIMES - Meski pandemi belum berakhir, pelayanan di Pengadilan Negeri Gresik terus dioptimalkan. Bahkan, semua proses layanan peradilan menggunakan sistem teknologi.

Optimalisasi pelayanan ini untuk mempermudah masyarakat mencari keadilan. Juga, menghindari segala bentuk penyimpangan di lingkungan penegak hukum.

Baca Juga : Asik Nyabu dalam Kabin, Sopir Truk Asal Cerme Gemetar Digerebek Polisi

Hal itu disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Herri Swantoro usai melaunching Anjungan Mandiri Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Gresik, Senin (13/9/2021).

"Dengan Anjungan ini masyarakat yang mendapatkan pelayanan bisa percaya atas kinerja petugas di PTSP," kata Herri Swantoro didampingi Ketua PN Gresik, Wiwin Arodawanti. 

Menurutnya, pelayanan serba teknologi ini secara otomatis terekam. Mulai dari proses pelayanan hingga persidangan. Sehingga pantauan lebih mudah dilakukan. Cukup lewat handphone.

Pihaknya juga mencoba melakukan simulasi dengan petugas PTST di ruang Anjungan. Dirinya berkomunikasi dengan petugas di bagian pelayanan Pidana, Perdata dan PHI serta Hukum dan beberapa pelayanan lain.

"Di Jawa Timur, ada dua yang sudah launching anjungan. Yakni PN Malang dan Gresik. Tapi, yang paling lengkap hanya di Gresik," ungkapnya.

Disinggung wajah PN Gresik, Herri Swantoro menyebut bahwa semua sudah lebih baik dari sebelumnya. Mulai wajah depan, halaman pengadilan dan lingkungan secara keseluruhan.

Dirinya berpesan, pemimpin dan personil pengadilan harus kompak. Semuanya harus sepaham, tidak ada batasan dalam melakukan upaya perbaikan pelayanan.

"Sebagai bagian dari Mahkamah Agung harus melaksanakan peradilan transparan dan akuntabel," pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah mengapresiasi langkah PN Gresik yang mengoptimalkan layanan kepada masyarakat gresik.

Baca Juga : Diduga Serangan Jantung, Sopir Truk Tangki Meninggal saat Mengemudi

Apalagi, lanjut Bu Min, di tengah pandemi ini ada batasan melakukan tatap muka. Nah, Anjungan Mandiri PTSP tersebut merupakan solusi terbaik menjawab tantangan zaman.

"Saat ini masyarakat membutuhkan pelayanan serba cepat. Tidak berbelit. Apalagi, sekarang sudah era teknologi," ujar Bu Min.

Pemerintah memberikan suport penuh atas inovasi PN Gresik yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat gresik. Dirinya berharap, kedepan, layanan Anjungan Mandiri PTSP bisa diakses lewat Gresikpedia.

"Atas nama pemerintah, kami sangat berterimakasih pengadilan negeri gresik yang terus meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam mencari keadilan," pungkasnya.

Sementara Ketua PN Gresik Wiwin Arodawanti melalui Humas PN Gresik, Fatkhur Rohman menambahkan, Anjungan Mandiri PTSP ini merupakan inovasi untuk memberikan kemudahan dan peningkatan layanan kepada masyarakat.

Terutama menjawab tantangan di tengah pandemi yang diharuskan mengurangi interaksi antara petugas dengan pengguna layanan.

"Semua layanan, pidana, perdata, PHI dan hukum menjadi satu di dalam ruangan anjungan ini," tambahnya.

Topik
pengadilan negeri gresik layanan ptsp anjungan ptsp

Berita Lainnya