Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Ketika sedang makan di rumah makan ataupun di kediaman pribadi, tak jarang seekor kucing datang mendekat. Mereka cenderung meminta makanan dan mengharapkan sedikit rezeki yang dimiliki orang tersebut. Lantas, adakah pesan dan pelajaran yang hendak disampaikan saat kucing mendekat tersebut?

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, disebutkan jika Allah SWT memberikan tiga pelajaran kepada manusia saat kucing mendekati manusia yang makan. Pesan itu agar menjadi pelajaran tersendiri bagi setiap muslim yang beriman.

Baca Juga : Rasulullah SAW Pernah Miliki Menantu yang Berbeda Agama, Kisahnya Begitu Mengharukan

"Sesungguhnya ia (kucing) tidak najis, ia hanyalah binatang yang suka keluar masuk rumah kalian," sabda Rasulullah SAW.

Ketika kucing mendekati manusia, maka Allah SWT memberikan tiga pesan. Pertama adalah hakikat untuk saling memberi atau bersedekah. Maka ketika kucing mendekati seseorang yang sedang makan, itu mengingatkan jika hakikatnya rezeki juga harus dibagi dengan makhluk lain.

Pesan ke dua adalah pesan kebaikan. Karena memberikan makan kepada mahluk lain, tanpa kecuali kucing merupakan kebaikan yang akan dibalas Allah SWT. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT berfirman, 'jika hamba-Ku bertekad melakukan kejelekan, janganlah dicatat hingga ia melakukannya. Jika ia melakukan kejelekan tersebut, maka catatlah satu kejelekan yang semisal. Jika ia meninggalkan kejelekan kejelekan tersebut karena-Ku, maka catatlah satu kebaikan untuknya. Jika ia bertekad melakukan kebaikan, maka catatlah untuknya satu kebaikan. Jika ia melakukan kebaikan tersebut, maka catatlah baginya sepuluh kebaikan yang semisal hingga 709 kali lipat'," (HR Bukhari dan Muslim).

Artinya melakukan kebaikan dengan hewan termasuk kucing mengajarkan memberi dengan ikhlas. Karena kucing tidak memiliki rencana untuk membalas setiap kebaikan manusia, dan manusia senantiasa melakukan semua tanpa berharap balasan dari kucing.

Baca Juga : Inspiratif, Begini Kesabaran Kakek Miskin yang Kemudian Menjadi Seorang Miliarder

Pesan ketiga adalah, tidak memberi berarti menolak rezeki. Artinya, ketika ada seekor kucing yang datang ketika sedang makan dan tidak diberinya kucing tersebut sebagian dari makanan yang dimiliki, maka manusia itu menolak rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Rezeki tersebut adalah segala sesuatu yang dihalalkan Allah SWT untuk umat-Nya seperti kesehatan, penglihatan, dan segala sesuatu yang bisa dirasakan manusia.

Maka pelajaran yang diambil adalah senantiasa mengambil nikmat bersedekah. Hal itu sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Baqarah ayat 245 yang berbunyi “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah SWT, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah SWT akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak. Dan Allah SWT menyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”