Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Berdoa tentu menjadi bagian penting setiap umat muslim di seluruh dunia. Karena doa menjadi salah satu kunci ridho Allah SWT kepada setiap langkah yang diambil oleh muslim dalam melakukan setiap kebaikan, dan tentunya juga akan membawa kepada keselamatan.

Doa yang dikabulkan tentunya juga menjadi keinginan setiap muslim. Lantas bagaimana sebenarnya kiat atau cara agar doa lebih cepat dikabulkan? Rasulullah SAW pun telah mewariskan kiat-kiat itu untuk bisa dilakukan setiap muslim.

Baca Juga : Ingin Keluar dari Kesulitan dan Kesusahan? Ini Doa yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Islam Terkini menyampaikan, berdoa kepada Allah SWT hendaknya dilakukan setiap saat, dan jangan pernah berhenti. Karena itu juga yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW berkata, “Berdoalah kamu pada saat sedang senang, maka Allah SWT akan mengenalimu saat engkau dalam kondisi susah.”

Sehingga, kiat pertama dalam berdoa adalah ikhlas dan tulus kepada Allah SWT dan tidak hanya sekedar mengejar dunia. Kemudian yang ke dua adalah harus membaca tahmid dan selawat saat hendak berdoa. 

Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Semua perkara yang tidak dimulai dengan memuji Allah SWT, maka dia terputus dari Rahmad Allah SWT.”

Dalam hadits lain Rasulullah SAW berkata, “Doa yang tidak dimulai dari selawat kepadaku, maka akan terhijab.”

Ketiga menggunakan nama-nama dan sifat mulia Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT, “Dan Allah SWT memiliki nama-nama mulia, maka gunakanlah dalam doa kalian.”

Keempat tidak tergesa-gesa dan menikmati setiap proses dalam berdoa. Sehingga akan meningkatkan kesabaran setiap muslim. Rasulullah SAW menyampaikan jika diterimanya doa adalah bagi mereka yang tidak tergesa-gesa.

Baca Juga : Rasulullah SAW Pernah Miliki Menantu yang Berbeda Agama, Kisahnya Begitu Mengharukan

Para sahabat pun bertanya bagaimana ciri-ciro orang yang tergesa-gesa dalam berdoa. Lalu Rasulullah SAW menjawab, “Saya sudah berdoa dan belum lihat jawabannya, ditinggalkan lah doa itu.”

Kemudian kiat yang ke lima dalam berdoa adalah yakin doanya diterima Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Berdoalah kalian kepada Allah SWT dengan yakin diterima. Karena Allah SWT tidak akan menerima doa yang lalai.”

Maka renungi dan resapi semua untuk setiap doa yang akan disampaikan kepada Allah SWT.

Kemudian kiat keenam agar doa cepat dikabulkan adalah memanfaatkan waktu mustajab. Seperti sepertiga malam, saat hujan turun, antara adzan dan Iqamah, doa dari orang tua, dan lain sebagainya yang mustajab doa.